Jelajah Kota Toea: “Imlek di Pecinan” (22 Januari 2012)


Di hari Minggu yang cerah, pada tanggal 22 Januari 2012, saya beserta Pillar, Ibu saya, dan adik saya berpartisipasi dalam acara Jelajah Kota Toea yang diselenggarakan oleh Komunitas Jelajah Budaya, dengan tema ‘Imlek di Pecinan’. Dress Code yang diminta oleh panitia acara adalah ‘merah’, untuk menyambut Hari Raya Imlek, yang akan dirayakan oleh masyarakat Tiong Hoa di Jakarta pada hari ini, 23 Januari 2012. Kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Keliling daerah ‘Pintu Kecil’, dengan arsitektir rumah Cina pada jaman Batavia.
  2. Melihat rumah keluarga Sow & Pa Te Koan.
  3. Keliling Klenteng Toasebio.
  4. Keliling Gereja Maria de Fatima.
  5. Melihat kegiatan sembahyang di Klenteng Jin de Yuan.

Untuk memberikan sedikit gambaran, saya sertakan scan dari sinopsis perjalanan kilas balik ini.

Image

Sedikit tambahan preambule, sebatas pengetahuan saya:

“Kehadiran orang-orang Cina di Batavia adalah berkat jasa J.P.Coen, sebagai upaya untuk menggerakkan roda ekonomi di Batavia. J.P.Coen secara inisiatif mengangkat Kapitan Cina pertama di Batavia yang diberi tanggung jawab untuk merekrut dan mengelola orang-orang Cina di Batavia, untuk bekerja. Dengan semakin masifnya pertumbuhan orang-orang Cina di Batavia, yang tidak terbendung, memberi rasa takut kepada Belanda bahwa dengan jumlah orang Cina yang terlalu banyak, dampak pengambilalihan (worst case scenario; pemberontakan) bisa saja terjadi. Pada tahun 1740an terjadi pembantaian masyarakat Cina besar-besaran di Batavia. Belanda belajar dari kesalahan, dan secara perlahan kembali membiarkan masyarakat Cina bertumbuh dan bekerja, namun dengan pengawasan yang sangat ketat.”

Situs-situs rumah Cina bertingkat dua di Batavia menunjukkan status bangsawan yang diberikan oleh Belanda, kepada keluarga-keluarga Cina terpilih.

Saya melakukan sedikit dokumentasi di acara ini, yang Anda bisa lihat di sini

Mohon maaf atas pengambilan gambar yang mungkin tidak terlalu layak, karena kebetulan saya tidak berbakan fotografi. Namun, semoga apa yang saya sajikan cukup memberikan gambaran yang jelas atas perjalanan kilas balik yang sangat menarik ini.

Selamat menikmati🙂

Jangan lupa drop comment Anda juga ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s