This Is Not A Motivational Post


Image

Pagi ini saya baca sebuah artikel di majalah Wired, edisi Juni 2012, yang sangat menarik, yaitu bagaimana dua orang Marketing di Facebook pada tahun 2010 menggunakan garasi kosong, untuk mendirikan sebuah art studio, bernama The Analog Research Lab. Nah lho! Apa hubungannya art studio ini dengan Facebook? Garasi yang sudah tidak terlalu kosong ini menjadi tempat dimana poster-poster berisi motivational quotes di-print dan ditempel di kubikel-kubikel kantor Facebook, bahkan salah satu poster bertuliskan “Stay Focused and Keep Shipping” tertempel di pintu kantor Mark Zuckerberg.

Image
The Analog Research Lab’s Poster on Mark’s Office Door

Tulisan-tulisan tersebut tentu saja bukan hanya sebagai penghias kantor, tetapi untuk mengingatkan para karyawan – bahkan para direksi Facebook – alasan mereka ada di Facebook dan penyemangat untuk bersama-sama memperbesar pengaruh Facebook kepada dunia. Lucu juga untuk tahu bahwa bahkan company sebesar dan secanggih Facebook dalam mengutilisasi teknologi, masih butuh printed media untuk mendukung mental para pekerjanya. Tidak hanya itu, sekarang para karyawan Facebook diperbolehkan dan dianjurkan untuk mem-propose kata-kata motivasi untuk bisa di-print oleh The Analog Research Lab dan dipajang di kantor Facebook.

Tidak hanya itu. Ada juga poster-poster yang bertuliskan “Move Fast & Break Things”, “Done is Better Than Perfect”, “What Would You Do If You Weren’t Afraid?”, “In Hack We Trust”, dan masih banyak lainnya.

Tapi cara satu-satunya untuk memberikan motivasi ke karyawan bukan hanya poster. Kantor Google di London menyediakan studio musik dan ruangan-ruangan bertema Sci-Fi untuk mendorong kreativitas para karyawannya, karena menurut mereka hal tersebutnya yang paling relevan dalam memberikan dukungan bisnis terhadap Google.

Image
Google’s London Office

Yang terakhir, Pixar Studio. Pada saat Pixar Studio dibangun, ada sebuah ruangan yang diperuntukkan untuk sistem air conditioning,ย yang akhirnya dialih fungsikan menjadi sebuah ruangan rahasia, dengan nama “The Lucky 7 Lounge”. Kenapa dibilang rahasia? Karena The Lucky 7 Lounge ini juga bisa diakses dari sebuah rak buku yang bisa digeser, menggunakan tombol rahasia. Keren khan?!

Image
Pixar Studio’s The Lucky 7 Lounge

Bagaimana dengan kantor Anda? Apakah juga memiliki ornamen-ornamen yang diperuntukkan untuk refreshment bagi para karyawannya? Kalau ada, please do share. Kalau tidak ada, tidak harus menunggu dari management atau HRD. Buat saja sendiri!๐Ÿ˜‰

Thanks for reading and see you on my next post.

2 thoughts on “This Is Not A Motivational Post

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s