Apa itu Enterprise Social Networking (ESN)?


Siapa yang tidak tahu dua situs jejaring sosial,ย atau bahasa Jawa-nya “Social Network”, terkemuka di dunia? Pastilah jawabannya adalah Facebook & Twitter. Masih banyak lagi situs populer lainnya seperti Pinterest, Instagram, dan kawan-kawan. Tidak hanya hadir melalui situs di web, tetapi mereka juga melakukan ekspansi melalui Apps di smartphones. And please tell me, apakah Anda bisa melewatkan 1 hari saja tanpa mengecek situs/app jejaring sosial? Saya yakin tidak. Hehehe..

Thanks to social networking, sekarang komunikasi jarak jauh bukan merupakan kebutuhan mewah. Hampir di semua lini masyarakat dapat bersilaturahmi dengan keluarga dan teman, tanpa batas.

Alat Komunikasi di Kantor Pada Umumnya

OK. Masalah komunikasi dengan keluarga, sanak saudara, dan teman sekarang sudah bukan masalah karena amat sangat banyak sekali situs & apps yang mampu menawarkan fitur jejaring sosial. Namun, untuk urusan pekerjaan, bagaimana ya? Mari kita teliti bersama, digital tools apa saja sih yang kita gunakan dalam berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja kita?

  • Electronic Mail (Email). Alat komunikasi ini dapat dikatakan sebagai alat digital yang paling populer untuk berkomunikasi, mengirim file, atau membuat jadwal pertemuan. Masih banyak perusahaan yang menggunakan servis Gmail dalam beroperasi, padahal idealnya adalah dengan menggunakan aplikasi email tersendiri, seperti Microsoft Outlook, IBM Lotus Notes, dan lainnya. Biasanya, yang menggunakan aplikasi email adalah perusahaan yang memiliki kebijakan tertentu terhadap kegiatan akses internet;
  • Intranet. Alat ini hampir tidak ada bedanya dengan portal informasi atau blog yang sering kita kunjungi, dimana isinya adalah informasi-informasi yang berhubungan dengan kegiatan bisnis dan kerja perusahaan. Intranet pada umumnya tidak trackable di Google dan bersifat rahasia (hanya untuk perusahaan yang bersangkutan saja). Intranet juga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan form-form administrasi perusahaan, sehingga karyawan tidak perlu, secara fisik, mondar-mandir ke bagian – misalnya – HR, Finance, Legal, dll, jika hanya ingin mendapatkan dan mengisi dokumen tertentu. Alat ini, sebagian besar, bersifat one-way direction.
  • Office Chat. Karena dirasa email kurang real time dalam saling bertukar informasi atau berkonsultasi & intranet pun terlalu cluttered dengan berbagai macam informasi, layaknya chatting via Yahoo Messenger, tidak jarang perusahaan juga menggunakan fitur chat untuk mempercepat komunikasi antar rekan kerja, yang tentu saja memberikan dampak yang lebih cepat dan baik dalam pengambilan keputusan.

“Apakah bisa menggunakan situs-situs jejaring sosial ini untuk kepentingan pekerjaan? Misalnya Private Facebook Group untuk tim Anda sendiri. Apakah hal tersebut bisa & boleh untuk dilakukan?”

Bisa & boleh saja, tapi tidak saya rekomendasi. Kenapa? Karena informasi yang masuk ke dalam situs jejaring sosial dapat tertangkap oleh Google & bisa muncul di Google Search. Apabila yang Anda bagikan dan diskusikan di tim Anda adalah merupakan informasi rahasia perusahaan, tentu Anda tidak ingin rahasia perusahaan Anda dibaca oleh khalayak, media, apalagi kompetitor khan?

Enterprise Social Network (ESN)

Teknologi ini dibilang baru banget juga tidak, tapi setidaknya di Indonesia masih belum banyak mengadopsi. Informasi mengenai hal tersebut sudah saya surveikan secara kecil-kecilan di Twitter, dan teman-teman saya @reintweets & @widiasmoro jawab kalau ESN sudah dipake, salah satu contohnya adalah Djarum.

Saya sendiri cukup beruntung untuk bisa dapat akses mencicipi ESN milik VMWare, yaitu Socialcast

Setelah seminggu mencoba, Socialcast ini asik banget! Sebetulnya tidak secanggih situs jejaring sosial di luar sana, tapi at least untuk bisa bertukar informasi & berbagi dokumen-dokumen, yang tidak hanya berkatian dengan pekerjaan tapi juga bisa pengembangan diri, tool ini sangat user-friendly. Jargon-jargon yang digunakan juga sesuai dengan atmosfer bekerja (pada umumnya), seperti bila Anda mengklik ‘Thanks’, maka akan keluar pilihan bentuk terima kasih seperti apa yang mau Anda berikan.

Contoh:

Image

Di status update-nya pun, sama seperti Facebook, ada pilihan seperti: Status Update, Ask a Questions (langsung ada option Poll-nya), Send a File, dan Send Thanks. Apabila kita memiliki kewenangan sebagai Administrator, kita bisa membuat direktori grup tertentu, misalnya: Grup Corporate Communication atau disesuaikan dengan akan dijalankannya sebuah proyek (Project-Based).

Walau yang join belum cukup banyak, karena ini sifatnya masih Free (limited invitations), saya merasakan manfaat yang diberikan oleh ESN dalam bertukar informasi dan dokumen, kegiatan tanya jawab, dll, menjadi sangat menyenangkan, mudah, terbuka, & (hopefully) cepat. Tentu saja ESN tidak diadakan untuk mengganti internal tools yang sudah ada (email, intranet, chat), namun melengkapi. Dengan begitu, karyawan, yang juga stakeholders, bisa memilih channel yang paling nyaman jika mereka ingin berinteraksi. Toh rumusnya Happy Employees -> Happy Customers -> Happy CEO. Right?๐Ÿ™‚

Selain Socialcast, sudah ada beberapa ESN yang cukup OK, seperti Yammer (yang dibeli oleh Microsoft pada bulan juni 2012), Zyncro, dan lainnya.

Jadi rekan-rekan, terutama rekan-rekan praktisi Social Media, Human Capital/Resources, & Internal Communication, are you up for the new toy/challenge?๐Ÿ˜‰

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat & terima kasih.

One thought on “Apa itu Enterprise Social Networking (ESN)?

  1. Artikel yang bagus mas, saya sangat setuju sekali.
    Artikel ini dipublish 2012 tapi di tahun 2015 konsep ESN masih belum familiar.
    Karena itu kami (Lembar Social) mencoba membangun sebuah startup konsep Enterprise Social Network lokal dengan target internasional.
    Saat ini ESN biasanya hanya dimiliki oleh perusahaan2 besar. Dengan Lembar Social semua level perusahaan baik ukm, skala sedang, atau besar bisa memiliki ESN. Kami satu-satunya platform ESN lokal Indonesia dengan model Software as a Service (Saas). Saya mengundang mas candra untuk mencicipi demo ESN di situs kami https://lembarsocial.com.
    Saya tunggu feedbacknya mas Candra..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s