Kenapa Hari Pahlawan Jatuh Pada Tanggal 10 November


Tau ga kenapa Hari Pahlawan diperingatinya tanggal 10 November, padahal perangnya udah dari tanggal 27 Oktober?

Karena pada tanggal tersebut adalah tanggal jatuh tempo ultimatum panglima Angkatan Darat Inggris di Jawa Timur, Major General Mansergh, yaitu 10 November 1945 pukul 6.00 pagi.

Mansergh marah & mengultimatum rakyat Surabaya karena Brigadir Mallaby, yang mati saat sedang dalam proses sosialisasi perjanjian gencatan senjata antara Inggris (sekutu) dengan rakyat Surabaya. Pihak Inggris menuduh salah satu pemuda Indonesia membunuh Mallaby di tengah perjalanan misinya. Padahal ada versi lain, yaitu Mallaby mati kena lemparan granat dari anak buahnya yang meleset.

Menurut gw itu alasannya Inggris aja sih biar bisa mengokupasi Surabaya dan menjadikan Mallaby sebagai alasan utama agar tidak terlihat cacat di mata dunia.

Tapi hari ini tetap spesial. Kenapa? Karena walaupun Inggris menggempur Surabaya dari udara, darat, & laut, mereka kewalahan menghadapi rakyat Jawa Timur yang bersatu, dari rakyat jelata, ahli agama, dan tentara, walaupun akhirnya Inggris berhasil menduduki Surabaya.

Persatuan, rasa memiliki, & keinginan besar untuk menjaga mati-matian apa yang dimiliki bersama itulah yang patut kita peringati di hari pahlawan ini.

Kita masih bisa kaya gitu ga di jaman sekarang?

SELAMAT HARI PAHLAWAN KAWAN!

View on Path

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s